Metaverse dengan Universe Canggih Mana?

Metaverse ada yg mendesain. Universe / alam semesta tidak ada yg mendesain, acak, YAKIN ???
.
Al-Quran diawali dgn ayat
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ
Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,
(QS. Al-Fatihah)
.
Allah memulai Kitab-Nya dengan mengajarkan kita bersyukur, karena seluruh alam ini tidak akan pernah ada tanpa diciptakan & dipelihara oleh Allah Yang Maha Sempurna, mengajarkan kita bersyukur atas kehidupan, berfikir baik, positif & produktif.
.

Alam yg terdiri atas bagian² materi & hukum² fisika tidak mungkin tersusun dgn sendirinya tanpa ada kesadaran yg mendesain & menjalankannya. Hanya kesadaran yang Maha Sempurna, Tunggal, Kekal Abadi, tidak tergantung dgn apapun, yaitu Tuhan, yg mampu melakukannya.
.
Allah juga mengawali dgn ayat tersebut pada Kitab-Nya yg berisi petunjuk tentang benar & salah, baik & buruk, lurus & menyimpang, moralitas yg obyektif. Karena tanpa keimanan kepada Allah, maka orang tidak bisa menentukan moralitas yg obyektif; baik buruk hanya dinilai dari sudut pandang masing² individu, maka yg terjadi adalah kekacauan & ketidak-adilan. Itu mirip dgn kaum pluralis yg menganggap ‘semua’ agama benar, mereka tidak memiliki standar kebenaran, bedanya kalau ateis menganggap ‘semua’ agama salah.
.
Maka alangkah indahnya islam yg menjelaskan keimanan kepada Allah Yang Maha Benar, Maha Esa, Maha Adil, Maha Bijaksana yang telah memberikan petunjuk kpd manusia dgn Alquran & asSunnah dalam segala aspek kehidupan agar manusia hidup baik, tenteram & bahagia.
.
https://linktr.ee/danangajiwirawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *